Di SDS ISLAM AN NIZAM, kami berkomitmen untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, inovatif, dan berlandaskan nilai-nilai karakter. Kami senantiasa mendorong seluruh siswa agar mampu berkembang tidak hanya dalam aspek akademik, tetapi juga dalam karakter, keterampilan sosial, dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Kami berharap bahwa dengan adanya media ini, orang tua dan masyarakat dapat lebih memahami visi dan misi sekolah dalam membentuk generasi muda yang berilmu, berakhlak, dan siap menghadapi tantangan masa depan

Lagi... Workshop Evaluasi Diri Sekolah (EDS)

sd-annizam.com
Sabtu, 7 September 2013


Foto : Bpk Darwis S.Ag Foto Bersama Para Murid Dalam Nuansa yang Penuh Keakraban


sd-annizam.com, Medan – Workshop Evaluasi Diri Sekolah (EDS) hari ini digelar, bertempat di aula utama SD Islam An-Nizam yang berada di lantai 3 kompleks perguruan Islam An-Nizam.

Dalam kesempatan ini, Bpk Darwis S.Ag selaku kepala sekolah memberikan penjelasan, arahan dan masukan untuk para guru dalam melaksanakan EDS.  “EDS ini sangat penting untuk  kemajuan sekolah kita”,  Ujarnya.

Berikut akan kami jelaskan apa itu EDS, tujuan, dan manfaatnya :

1. Apa Evaluasi Diri Sekolah (EDS) itu ?

Evaluasi Diri Sekolah (EDS) adalah suatu proses evaluasi yang bersifat internal dengan  melibatkan  pemangku kepentingan untuk melihat kinerja sekolah berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang digunakan  sebagai dasar penyusunan RKS dan RKAS dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah secara konsisten dan berkelanjutan, serta sebagai masukan bagi perencanaan investasi pendidikan tingkat kab/kota.

2. Apa Tujuan  Evaluasi Diri Sekolah (EDS) ?

Tujuan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) adalah:
- Menilai kinerja sekolah  berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP),
- Mengetahui  tahapan pengembangan dalam pencapaian Standar Nasional Pendidikan      (SNP) sebagai dasar peningkatan mutu pendidikan; dan 
- Menyusun RKS/RKAS sesuai kebutuhan nyata dalam rangka pemenuhan Standar Nasional    Pendidikan (SNP).


3. Apa Manfaat Evaluasi Diri Sekolah (EDS) ?

Manfaat Evaluasi Diri Sekolah (EDS) untuk tingkat sekolah, antara lain :
- Sekolah dapat mengidentifikasikan kelebihan dan kekurangannya sendiri dan  
   merencanakan pengembangan dan peningkatan ke depan.
Sekolah dapat memiliki data dasar yang akurat sebagai dasar   untuk pengembangan dan
   peningkatan di masa mendatang.
- Sekolah dapat mengidentifikasi peluang untuk    meningkatkan mutu pendidikan, mengkaji
  peningkatan tersebut  berjalan dengan baik dan menyesuaikan program sesuai dengan 
  hasilnya.
- Sekolah dapat memberikan laporan formal kepada  pemangku kepentingan demi  
  meningkatkan akuntabilitas sekolah.

Sedangkan manfaat Evaluasi Diri Sekolah (EDS) untuk tingkat lain dalam sistem, diantaranya:
-  Menyediakan data dan informasi yang penting untuk perencanaan, pembuatan keputusan,  
   dan perencanaan anggaran pendidikan pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.
-  Mengidentifikasikan bidang prioritas untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana  
    pendidikan.
-  Mengidentifikasikan jenis dukungan yang dibutuhkan terhadap sekolah.
-  Mengidentifikasikan pelatihan serta kebutuhan program pengembangan lainnya.
- Mengidentifikasikan keberhasilan sekolah berdasarkan berbagai  indikator pencapaian 
  sesuai dengan  Standar Pelayanan Minimal dan Standar Nasional Pendidikan.


4. Apa lingkup Evaluasi Diri Sekolah (EDS) ?

Lingkup Evaluasi Diri Sekolah (EDS) menjawab 3 pertanyaan utama : (1)  Seberapa baik kinerja sekolah kita?; (2) Bagaimana kita mengetahuinya?; dan (3) Bagaimana kita memperbaikinya?

5.  Siapa yang Melaksanakan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) ?

Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dilaksanakan oleh Tim  Pengembang Sekolah (TPS) yang terdiri atas :
(1) Kepala Sekolah; 
(2) Wakil unsur guru; 
(3) Wakil Komite Sekolah; 
(4) Wakil orang tua siswa dan 
(4) Pengawas – sebagai fasilitator/pembimbing/verifikator

6. Instrumen apa yang digunakan dalam Evaluasi Diri Sekolah (EDS)


Instrumen Evaluasi Diri Sekolah (EDS) terdiri dari 8 (delapan) Standar sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP). 
Setiap Standar terdiri atas beberapa komponen. Setiap Komponen terdiri dari beberapa Indikator. Setiap komponen terdiri dari beberapa sub komponen. Setiap Indikator memberikan gambaran lebih rinci dari  informasi kinerja sekolah. [mh/vis]

0 Comments